Analisis Regresi Pertemuan Pertama
MATA
KULIAH ANALISIS REGRESI
TUGAS PERTEMUAN 1
PRODI
ILMU GIZI FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Oleh
: Asri Nur Latifah (20170302115)
Dosen mata kuliah
: Idrus Jus’at, Ph.D
TUGAS HALAMAN 7
1. Buatlah
hipotesis deskriptif, hipotesis komparatif, dan hipotesis asosiatif
masing-masing 2 buah diskusikan dengan orang yang dapat memberi masukan untuk
perbaikan
-
Hipotesis
deskriptif :
1. Rumusan masalah : Apakah para remaja suka memilih makanan
yang mengandung kadar lemak tinggi?
Ha : Para
Remaja suka memilih makanan yang mengandung kadar lemak tinggi.
Ho : Para Remaja tidak suka memilih makanan yang mengandung kadar lemak tinggi.
Ho : Para Remaja tidak suka memilih makanan yang mengandung kadar lemak tinggi.
2. Rumusan masalah: Apakah anak sekolah
dasar menyukai jajanan junk food?
Ha : Anak sekolah dasar menyukai jajanan junk food
Ho : Anak sekolah dasar tidak menyukai
jajanan junk food
-
Hipotesis
komparatif :
1. Rumusan masalah : Apakah ada perbedaan kadar gula darah
sewaktu antara kebiasaan makan nasi dengan kebiasaan makan beras nasi pada
warga desa Cipendey Kabupaten Bandung?
Ha : Ada perbedaan kadar gula darah sewaktu antara
kebiasaan makan nasi dengan kebiasaan makan beras nasi pada warga desa Cipendey
Kabupaten Bandung.
Ho : Tidak ada perbedaan kadar gula darah sewaktu antara
kebiasaan makan nasi dengan kebiasaan makan beras nasi pada warga desa Cipendey
Kabupaten Bandung.
2. Rumusan masalah : Ada perbadaan kadar tekanan darah
sesudah dan sebelum melakukan senam pagi.
Ha : Ada perbadaan kadar tekanan darah sesudah dan
sebelum melakukan senam pagi.
Ho : Tidak ada perbadaan kadar tekanan darah sesudah dan
sebelum melakukan senam pagi.
-
Hipotesis
asosiatif :
1. Rumusan masalah : Apakah ada hubungan antara asupan
kalsium dengan status gizi (BB/TB) pada anak kelas 1 SD?
Ha : Ada hubungan antara asupan kalsium dengan status
gizi (BB/TB) pada anak kelas 1 SD
Ho : Tidak ada hubungan antara asupan kalsium dengan
status gizi (BB/TB) pada anak kelas 1 SD
2. Rumusan masalah :
Apakah ada hubungan antara olah raga setiap hari dengan kejadian penyakit Hipertensi?
Ha : Ada hubungan antara
olah raga setiap hari dengan kejadian penyakit Hipertensi
Ho : Tidak ada hubungan
antara olah raga setiap hari dengan kejadian penyakit Hipertensi
TUGAS
HALAMAN 13-15
1. Dibawah
ini adalah berat badan bayi laki-laki usia 5 bulan (X1) dan pada
usia 11 bulan (X2) (data fiktif). Hitung nilai rata-rata, variance,
standard deviasin dan lakukan uji t dependen sampel.
No
|
X1 (Kg)
|
X2 (Kg)
|
Beda
D = X1-X2
|
Deviasi
d = D-
|
Kuadrat deviasi = d2
|
1
|
4.5
|
5.6
|
-1.1
|
0.26
|
0.0676
|
2
|
4.7
|
5.9
|
-1.2
|
0.16
|
0.0256
|
3
|
4.6
|
6.2
|
-1.6
|
-0.24
|
0.0576
|
4
|
4.8
|
6.2
|
-1.4
|
-0.04
|
0.0016
|
5
|
4.9
|
5.9
|
-1
|
0.36
|
0.1296
|
6
|
4.8
|
5.8
|
-1
|
0.36
|
0.1296
|
7
|
4.5
|
6.2
|
-1.7
|
-0.34
|
0.1156
|
8
|
4.7
|
6.4
|
-1.7
|
-0.34
|
0.1156
|
9
|
4.9
|
6.3
|
-1.4
|
-0.04
|
0.0016
|
10
|
4.6
|
6.1
|
-1.5
|
-0.14
|
0.0196
|
Jumlah
|
47
|
60.6
|
-13.6
|
0.00
|
0.6640
|
Rerata D(= D/n = -13.6/10 = -1.36
|
2. Data
kadar trigliserida pria dewasa gemuk dan normal yang diukur dengan indeks Masa
Tubuh (IMT) sebagai berikut (data fiktif)
Tugas :
a. Hitung
nilai rata-rata
b. Hitung
variance
c. Hitung
standard deviasi dan
d. Lakukan
uji t-independen sample
No
|
Gemuk
|
Normal
|
D1
|
D2
|
Kuadran deviasi = d2
|
|
d21
|
d22
|
|||||
1
|
240
|
180
|
1
|
4
|
1
|
16
|
2
|
260
|
175
|
21
|
-1
|
441
|
1
|
3
|
230
|
160
|
-9
|
-16
|
81
|
256
|
4
|
220
|
190
|
-19
|
14
|
361
|
196
|
5
|
260
|
180
|
21
|
4
|
441
|
16
|
6
|
250
|
175
|
11
|
-1
|
121
|
1
|
7
|
240
|
190
|
1
|
14
|
1
|
196
|
8
|
220
|
170
|
-19
|
-6
|
361
|
36
|
9
|
230
|
180
|
-9
|
4
|
81
|
16
|
10
|
240
|
160
|
1
|
-16
|
1
|
256
|
Jumlah
|
2390
|
1760
|
0
|
0
|
1890
|
990
|
3. Nilai
rata-rata IQ dari 26 siswa SMP X adalah 107 dengan standar deviasi 9, sedangkan
di SMP Y dari 30 siswa rata-rata IQ nya adalah 112 dengan standar deviasi 8.
Dapatkah kita menyatakan bahwa ada perbedaan secara bermakna nilai rata-rata IQ
siswa dikedua sekolah?
4. Kita
ingin membuktikan perbedaan kadar glukosa darah mahasiswa sebelum dan sesudah
sarapan pagi. Datanya sebagai berikut:
No
|
Sebelum
|
Sesudah
|
Beda
|
Deviasi
|
Kuadrat
|
D = X1-X2
|
d = D-D
|
||||
1
|
115
|
121
|
-6
|
-0.1
|
0.01
|
2
|
118
|
119
|
-1
|
4.9
|
24.01
|
3
|
120
|
122
|
-2
|
3.9
|
15.21
|
4
|
119
|
122
|
-3
|
2.9
|
8.41
|
5
|
116
|
123
|
-7
|
-1.1
|
1.21
|
6
|
115
|
123
|
-8
|
-2.1
|
4.41
|
7
|
116
|
124
|
-8
|
-2.1
|
4.41
|
8
|
115
|
120
|
-5
|
0.9
|
0.81
|
9
|
116
|
125
|
-9
|
-3.1
|
9.61
|
10
|
117
|
127
|
-10
|
-4.1
|
16.81
|
Jumlah
|
1167
|
1226
|
-59
|
0,0
|
84.90
|
Rerata D (D) = D/n = -59/10 = -5.9
|
5. Hasil
penelitian tentang peran senam “low impact” pada remaja putri usia 18-21 tahun
terhadap penurunan persen lemak tubuh disajikan dalam table dibawah ini (data
fiktif). Dapatkah kita menyatakan bahwa senam “low impact tidak berpengaruh
terhadap persen lemak tubuh.
No
|
Sebelum
|
Sesudah
|
Beda
|
Deviasi
|
Kuadrat deviasi = d2
|
D = X1-X2
|
d = D-D
|
||||
1
|
24.7
|
24.5
|
0.2
|
-1.45
|
2.1025
|
2
|
26.4
|
25.6
|
0.8
|
-0.85
|
0.7225
|
3
|
28.7
|
26.9
|
1.8
|
0.15
|
0.0225
|
4
|
27.2
|
26.1
|
1.1
|
-0.55
|
0.3025
|
5
|
24.9
|
24.2
|
0.7
|
-0.95
|
0.9025
|
6
|
29.9
|
27.3
|
2.6
|
0.95
|
0.9025
|
7
|
28.6
|
25.7
|
2.9
|
1.25
|
1.5625
|
8
|
28.8
|
25.7
|
3.1
|
1.45
|
2.1025
|
Jumlah
|
219.2
|
206
|
13.2
|
0
|
8.6200
|
Rerata D (= D/n = 13.2/8 = 1.65
|
Komentar
Posting Komentar